Selasa, 07 Juni 2011

Hadits-Hadits Ramadhan


1. Dapat diampuni dosa-dosa
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ اِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَلَهُ مَا تَقًدمَ مِنْ ذَ نْبِهِ وَمَا تَأَ خََّرَ (رواه احمد).
Artinya: “Barngsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, dengan penuh keimanan dan keyakinan akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang” (HR. Ahmad).

ومن ا د ر ك رمضا ن شئ فا نه لا يقبل منه حتى يصو مه (رواه احمد)


من افطر يو ما من رمضا ن من غير رخصة رخصها الله له ولا مرض لم يقضه صوم ا لد هر كله وان صا مه(رواه ا ب داود و ا لنا ئ والتر مذى وا لبيحقي و ا بن ماجه)


اِنَّ رَبَّكُمْ يَقُوْلُ: كُلُّ حَسَنَةٍ بِعَشْرَةِ اَمْـثَالِهَا اِلَى سَبْعِمِائَةٍ ضِعْفٍ وَ ا لصوم لى وانا اجزى به  وا لصوم جنة من ا لنا ر  ولخلوف فم ا لصا ئم ا طيب عند ا لله من ريح ا لمسك وا ن جهل على احد كم جا هل وهو صا ئم فليقل : انى صا ئم و للصا ئم فر حتا ن  فرحة حين يفطر وفر حة حين يلقى ربه (رواه التر مذ ى)


ذا كر الله فى رمضا ن مغفور وسا ئل ا لله فيه لا يجيب (رواه الطبر انى والنا ئ)


نوم الصل ئم عبادة وصمته تسبيح و عمله مضا عف ودعا ءه مستجا ب وذ نبه مغفور (رواه البيحقى)


لكل عبد صا ئم دعوة مستجا بة عند افطا ره اعطيها في الد نيا او ا د خرها له فى الا خرة


انزلت صحف ابراهيم فى اول ليلة من شهر رمضا ن وانزلت التو راة لست مضين من رمضان وانزل الا نجيل لثلا ث عشرة مضين من رمضان وانزل الفرقان لاربع و عشرين خلت من ؤمضان


السحوراكله فلا تدعوه ولوان يجزع احدكم جرعة ماء (من ماء) فانالله وملئكته يصلون على المتسحرين (رواه احمد)


خير خصا ل الصا ئم السوا ك (رزاه البيحقى)

اذا صمتم فا ستا كوابا لغد اة ولا تستا كوا بالعشى فانه ليس من ضا ئم تيبس شفتا ه با لعشى الاكا ن نورا بين عينيه يوم القيا مة


اللهم لك صمت وعلى رزقك ا فطرت وبك امنت وعليك توكلت ورحمتك ارجوا وا ليك تبت ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الاجران شاءا لله( اللهملك صمت وعلى رزقك افطرت ذهب الظمأ وابتلت ا لعروق وثبت الا جرا ن شاءا لله)


احب عبادىالىاع جلهم فطرا  (رواه التر مذى)


لاتزا ل امتى على سنتى ما لم ينتظر وا بفطرهم طلوع النجوم  (رواه الطبرانى)


اللهم انك عفو تحب العفوفاعف عنى


من لم يدع قول الزوروالعمل به فليس لله حا جة فى ان يد ع طعا مه وشرابه (رواه البخارى)


رب صا ئم ليس له من صيا مه الا الظمأ  (روالنسا ئ )


خمس خصا ل يفطرن الصا ئم وينقض الو ضوء الكذ ب واليمين الكا ذبة (رواه ا ك ز دى و الر يمى عن ا نس ر ض الله عنه)


شهر الصيام لقد علوت مكرما
وغد وت من بين الشهور معظما
يا صا ئم رمضان هذ اشهر كم
فيه ابا حكم المهيمن مغنما
يا فو ز من فيه اطا ع ا لهه
متقربا متجنبا ما حرما
فا لو يل كل ا لويل للعا صى الذ ى
فى شهره اكل الحر ام واجرما


كان النبى صلى الله عليه وسلم اذادخل العشر الاخير شيدمئزره واحيا ليله وايقظ اهله (رواه السيخان)


كانالنبى صلى الله عليه وسلم يجتهد فى عشر الا خير ما لا يجتهدفى غيره كان النبى صلى اللهعليه وسلم يخص العشر الا واخرفىرمضان بالاعمال يعلمها فى بقية الشهر


ان ال تعالى وهب لا متى ليلة القدر ولم يعطها من كان قبلهم (رواه الريلمى)

التمسوهافىالعشرالا واخرفانهاوترفىاحدى وعشرين او ثلاث وعشرين او خمس وعشرين اوسبع 

“Barang siapa yang berpuasa disiang haripada bulan  ramadhan semata-mata karena iman dan tulus mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni segala dosamnya yang telah lalu dan yang akan datang.”

“dan barang siapa yang menjumpai bulan ramadhan, sedang ia dalam keadaan mempunyai hutang puasa bulan ramadhan sebelumnya, maka tidak akan diterima puasanya sehingga ia mengqadha`I puasanya tersebut terlebih dahulu”.

“barang siapa yang tidak berpuasa sehari pada bulan ramadan tanpa ada rukhshah yang diberikan Allah dan tidak pula sakit, maka pahala puasanya selama hidupnya tidak akan dapat menyamai pahala puasa sehari yang ditinggalkan, mekipun berpuasa selamanya”.

“sesungguhnya tuhanmu berfirman,”setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebajikan yang sama sampai tujuh ratus kali lipat. Puasa adalah untukku dan Aku yang akan membalasnya. Puasa adalah perisai dari api neraka. Dan sungguh bau mulut orang yang bnerpuasa disisi Allah lebih harum dari minyak misik. Jika ada orang yang tidak mengerti kepada salah seorang diantara kamu (bahwa ia nerpuasa), maka hendaklah berkata, “ sesungguhnya aku sedang berpuasa “. Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, yaitu gembira pada waktu berbuka puasa dan gembira pada waktu bertemu dengan Tuhannya”.

“orang yang berdzikir dibulan ramadhan maka akan diampuni dosanya dan orang yang berdo`a didalamnya, maka tidaklah sia-sia”.

“Tidurnya orang yang berpuasa dinilai ibadah, diamnya disamakan dengan membaca tasbih, amal ibadahnya dilipat-gandakan pahalanya, do`anya dikabulkan dan dosa-dosanya diampuni”.

“Shuhuf ibrahim diturunkan (oleh Allah kepada Nabi Ibrahimn) pada pertmulaan malam bulan ramadhan. Taurat diturunkan (kepada Nabi Musa ) pada malam yang keenam bulan ramadhan. Injil diturunkan (kepada Nabi Isa ) pada malam yang ketiga belas dari bulan ramadhan. Dan Al-Furqan diturunkan kepada Nabi Muhammad pada malam yang kedua puluh empat bulan ramadhan”.

“Makan sahur itu membawa berkah oleh sebab tu janganlah kamu tinggalkan meskipun seseorang diantara kamu hanya dengan meminum seteguk air. Sesungguhnya Allah menurunkan rahmat dan malaikat pun memohon rahamat bagi oarang-orang yang makan sahur”.

“Sebaik baik perbuatan orang yang berpuasa itu adalah bersiwak (gosok gigi)”.

“Apabila kamu berpuasa, maka bersiwaklah diwaktu pagi, dajn janganlah kamu bersiwak diwaktu sore, karena sesungguhnya setiap orsng ysng berpuasa yang dua bibirnya kering diwaktu sore akan menjadi cahaya diantara dua matanya dihari kiamat (nanti)”.

“Wahai Tuhanku, Untuk-Mu aku berpuasa,dan dengan rizqi-Mu aku berbuka , kepada-mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, kepada rahmat-Mu aku mengharapkan dan kepada-Mu aku bertobat.kini telah hilang rasa haus dan basah kembali urat-urat, dan semoga pahala tetap disisi Allah,Insya Allah”.

“Hamba-hamba-Ku yang lebih Aku cintai adalah mereka yang menyegerakan berbuka’.

“Umatku senantiasa berpijak kepada sunnahku, selama mereka tidak menantikan terbitnya bintang untuk berbuka”.

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya Engkau Maha pemaaf, suka memaafkan, maka maafkanlah aku”.

“Barang siapa yang tidak menunggalkan perkataan bohong dan tidak meninggalkan perbuatanyang sifatnya menipu, maka Allah tidak membutuhkannya untuk meninggalkan makanan dan minuman”.

“Banyak orang yang berpuasa, tapi tidak mendapat pahala apa-apa dari puasanya kecuali haus”.

“”Lima macam perkara yang dapat membatalkan puasa dan wudhu seseorang yaitu : berdusta, ghibah, mengadu domba, melihat perempuan yang bukan muhrimya dengan syahwat dan bersumpah palsu”.

“Bulan puasa, sunngguh engkau telah mencapai kemuliaan yang tinggi_ dan engkau diantara bulan-bulan. Wahai orang-orang yang berpuasa dibulan ramadhan , ini adalah bulan sucimu_ didalamnya Allah memperbolehkan kepadamu untuk memperoleh keintungan. Alangkah bahagianya orang yang taat pada Tuhannya _ dengan mendekatkan diri pada-Nya dan menjauhi apa yang diharamkan-Nya.
Sungguh kerusakan bagi orang yang durhaka di bulan ramadhan _ yang di dalam bulan ini ia hanya makan yang haram dan berbuat durhaka”.


“ Adalah Nabi Saw. Apabila telah memasuki sepuluh hari yang terakhir dari bulan ramadhan mengencangkan ikatan sarungnya dan mengisi malamnya dengan beberapa ibadah serta membangunkan keluarganya”.

“Adalah Nabi Saw. Lebih bersemangat dalam beribadahpada sepuluh hari yang terakhir dengan ibadah yang tidak dikerjakan dengan sungguh-sungguh di bulan lain, beliau menkhususka sepuluh hari yang terakhir dari bulan ramadhan dengan amal perbuatan ibadah yang tidak dikerjakan pada bulan yang lain”.

“ Sesungguhnya Allah telah memberikan Lailatul Qadar kepada umatku, dan tidak diberikannya kepada umat-umat sebelum mereka”.

“Carilah Lailatul Qadar pada malam sepuluh hari yang terakhir, karena sesungguhnya malam Lailatul Qadar jatuh pada malam yang ganjil, malam dua puluh satu, dua puluh tiga, dua puluh lima, dua puluh tujuh, dua puluh sembilan, atau pada akhir malam bulan ramadhan. Maka barang siapa yang mengisi malam tersebut dengan beberapa ibadah dengan disertai keimanan dan bertujuan mencari ridha Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang”.

“Lailatul qadar adalah malam yang terang benderang, tidak seberapa panas, tidak seberapa dingin, tidak ada awan, tidak ada hujan, tidak berangin kencang, tidak ada bintang yang dilemparkan (meteor). Sebagian tandanya adalah pada siang harinya matahari tidak bersinar terang”.

“Aku bertanya,”Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika aku mendapatkan malam lailatul qadar ? Apakah kiranya yang harus aku baca? “. Jawabnya, Bacalah “Allaahumma innaka `afwwun tuhubbul `afwfa`fu `annii”.

“Barang siapa yang beri`tikaf pada malam lailatul qadar dengan keimanan dan semata-mata hanya mencapai keridhaan Allah, maka akan diampuni segala dosanya, baik yang telah lalu maupun yang akan datang”.

“Adalah Rasulullah SAW, beri`tikaf pada sepuluh hari yang terakhir dari bulan ramadhan sehingga wafat. Kemudian istrinya beri`tikaf setelah beliau meninggal dunia”.

“Barang siapa yang mengerjakan ibadah pada malam hari raya Idul Fitri dan pada malam hari raya Idul Adha, sema-mata hanya untuk mencari keriodhaan Allah maka hatimnya tidaka akan mati dfiwaktu hati orang-orang pada mati”.

“Barang sipapa yang memperbanyak ibadah pada empat malam, maka wajib masuk surga, yaitu malam tarwiyah, malam  arofah, malam Idul Adha, dan  malam Idul Fitri”.

“ zakat firah itu wajib bagi setiap umatislam meredeka  atau budak, lelaki atau perempuan, Satu sha` (2,5 Kg) dari kurma atau satuaho` dari sya`ir’.

“Zakat fitrah itu adalah merupakan pensucian bagi seorang yang berpuasa dari perkataan yang tidak berguna dan perbuatan yang keji dan makanan bagi orang  miskin. Barang siapa yang mengeluarkannya sebelum shalat iodul fitri, maka disebut zakat firah yang afdhal(diterima), dan barang siapa yang mengeluarkannya sesudah shalat idul fitri ,maka hal itu dianggap sebagai shadaqah biasa’.

“Puasa adalah perisai yang digunakan untuk menyelamatkan dirinya dari api neraka.ia milik-Ku dan Aku yang akan membalas pahalanya”.

“ Barang siapa yang berpuasa pada waktu berperang membela agama Allah ,maka Allah menjauhkan dirinya dari api neraka dengan jarak tujuh puluh tahun perjalanan”.

“Barang siapa yang berpuasa di bulan ramadhan, lalu ia berpuasa enam hari lagidi bulan syawa, maka akan diberi pahala sebagaimana puasa selamanya”.

“Barang siapa yang berpuasa dibulan ramadhan ,lalu berpuasa enam hari lagi dibulan syawal ,malka diampuni dosa-dosanya sampai habis, bagaikan pada hari dilahirkan oleh ibunya”.

“Sesungguhnya bedrpuiasa pada hari arofah itu dapat menghapus dosa selama dua tahun ,tahun yang telah lalu dan tahun yang akan datang”.

Barang siapa yang berpuasa pada hari arofah , maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu dan yang akan datang”.

“Rasulullah Saw. Pernah ditanya tentang puasa pada hari Asyura, lalu beliau bersabda,’ ia dapat menghapus dosa-dosa tahun lalu”.

“Jika aku masih tetap hidup pada tahin mendatang, maka aku akan berpuasa poada tanggal sembilan (Tasua)”.

“Barang siapa yang berpuasa tiga hari pada setiap bulan maka pahalanya  sama dengan puasa selamanya”.

“jnika kamu berpuasa tiga hari dari satu bulan , maka berpuasalah pada tanggal tiga belas , empat belas, dan lima belas”.

‘Adalah Rasulullah Saw. Tidak pernah meninggalkan berpuasa pada hari puitrih (tanggal 13,14 dan 15) baik dalam bepergian maupun di rumah”.

“Sesungguhnya Rasulullah Saw. Senantiasa berpuasa pada hari senin dan kamis ,. Lalu ada orang yang bertanya kepadanya, ‘Wahai rasulullah, sesungguhnya engkau berpuasa pada hari senin dan hari kamis?”. Jawabnya,” sesungguhnya hari semnin dan kamis itu adalah hari dimana Allah mengampuni dosa-dosa setiap orang muslim yang tidak mau berbicara (lantaran permusuhan), Allah berfirman , “ Tinggalkanlah keduanya hjingga mau berdamai”.

“Adalah Rasulullah Saw. Senantiasa berpuasa pada hari senindan kamis, lalu bersbda ,”Amal perbuatanseiap hamba dihadapkan pada Allah pada kedua hari itu . dan aku ingin jika amal perbuatanku dihadapkan pada-nya  sedang aku dalam meadaan berpuasa”.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar